Tuesday, January 2, 2007

Agenda IT di Tahun 2007

Tahun Baru , bagi kita semua biasanya sudah mempunyai agenda apa yang harus di kerjakan. dan setiap perusahaan melakukan perencanaan dan di tuangkan dalam budget. Budget di approve kemudian dimulai lah the 'real action' . Saya coba cari informasi dari berbagai sumber dari internet dan kebetulan sekali saya bekerja di area manufaktur maka di dapat 10 agenda teratas IT di tahun 2007 di area manufaktur adalah sbb:

  1. Mengsinkronkan IT dengan strategi bisnis, dapat didefinisikan semua aktifitas IT harus sesuai dengan kebutuhan bisnis dan strategi bisnis . IT juga dituntut agar lebih fleksibel untuk menjawab tantangan, perubahan dan problem yang mereka hadapi. Salah satu tindakan yang dapat dilakukan dalam sinkronisasi adalah melihat kembali apa yang telah dilakukan, sederhanakan, lakukan kembali yang sebenar nya di level IT dan ini dilakukan secara bersama sama dengan departemen lain sebagai nara sumber nya.
  2. Business Intelligence Systems, di era informasi ini sudah sangat di butuhkan informasi yang tepat, cepat, dan berharga sebagai pengungkit kinerja perusahaan untuk menjadi perusahaan yang bersaing di era globalisasi.
  3. Mobile Systems, implementasinya disesuaikan dengan kebutuhan , salah satu contoh penggunaan PDA untuk sales di lapangan dimana dapat dengan cepat informasi stok secara tepat,cepat dan akurat sehingga membantu salesman dalam mengambil keputusan.
  4. Security Systems, di bidang manufaktur masalah security systems sering kurang di perhatikan dikarenakan tidak adanya peraturan resmi yang mengharuskan ada dalam menjalankan usaha di bidang manufaktur , sedangkan kalau kita melihat di bidang perbankan masalah security systems merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi . Tapi sebaik nya kita jangan hanya menunggu kejadian tapi tindakan pencegahan. Pencegahan dilakukan pada titik - titik yang kritis saja (minimal ada ).
  5. Support sistem yang lebih baik terhadap kebutuhan - kebutuhan untuk meneningkatkan kinerja perusahaan dan apabila dalam bidang usaha manufakturing maka lihat bagaimana meningkatkan produktifitas dan lean .
  6. Developing / Integrating ERP yang sudah ada & Legacy systems untuk menemukan atau menghubungkan apa yang di butuhkan untuk kelancaran bisnis perusahaan .
  7. Improving Sales / Production Forecasting, perbaikan sales dan production forecasting agar demand dan supply seimbang. Biasanya diawali dengan pembenahan bisnis proses dan harus bekerja sama dengan departement yang terkait yaitu sales & produksi sehingga dari kedua nya dapat mencapai kinerja yang optimum setelah itu lihat kembali aplikasi forecast yang sudah ada kemudian optimasikan.
  8. Manufacturing Execution Systems. integrasi MES dengan ERP akan memberikan informasi yang dapat digunakan sebagai contoh cost reduction
  9. APS System, Advance Planning and Scheduling sebenar nya bukan hal yang baru tapi menjadi issue dimana di beberapa ERP system module APS system terpisah. APS sendiri berfungsi untuk menghasilkan perencanaan produksi ( material planning, production plan, distributuion plan) secara detil saya nanti akan membahas lebih lanjut tapi dalam topik ini IT di coba untuk memberikan solusi mengintegrasikan antara ERP / Legacy sistem yang ada dengan APS system sehingga menjadi satu flow proses yang lancar dan effektif.
  10. Konsolidasi IT. IT resource dan aktifitas yang ada dibuat sedemikian dan sehingga menjadi sederhana dan ringkas (lean) dimana salah satu tujuan dari perusahaan adalah cost cutting , tapi harus diingat jangan dilakukan tanpa perhitungan seperti menghilangkan suatu proses yang sebenarnya harus ada karena mendukung suatu proses tertentu.

No comments: